Perkembangan Mobile Banking Di Indonesia




E-Banking merupakan penghantaran otomatis jasa dan produk bank secara langsung kepada nasabah melalui media elektronik serta saluran komunikasi interaktif. E-Banking merupakan sistem yang memungkinkan nasabah bank, baik individu ataupun bisnis, mampu mengakses rekening, melakukan transaksi bisnis, atau mendapatkan informasi produk dan jasa bank melalui jaringan pribadi atau publik, termasuk internet. 

Dalam perkembangannya, E-Banking dipertimbangkan sebagai suatu strategi yang akan meningkatkan efisiensi, efektifitas dan produktifitas sekaligus meningkatkan pendapatan melalui sistem penjualan yang jauh lebih baik. 
Transaksi perbankan dengan menggunakan Electronic Banking (E-Bbanking) di Indonesia baik secara frekuensi maupun volume terus mengalami peningkatan. Untuk tahun 2014 saja volume E-Bankingsudah mencapai Rp 6.447 triliun atau naik 17,32 persen dibanding tahun sebelumnya.
Dibandingkan layanan E-Banking lainnya, perkembangan Mobile Banking (M-Banking) terbilang paling cepat. Perkembangan ini hadir karena layanan M-Banking mampu menjawab kebutuhan masyarakat modern yang sangat mengedepankan kecepatan mobilitas. Dengan satu sentuhan, M-Banking menciptakan kemudahan layanan perbankan yng terbilang cukup komplek. 
Hasil survei lembaga riset keuangan internasional mengungkapkan 35% dari seluruh kegiatan online yang dilakukan di setiap rumah di seluruh dunia akan beralih ke layanan M-Banking. Diprediksi, nilai transaksi M-Banking akan naik dua kali lipat per tahun. Selanjutnya akan meningkat menjadi empat kali lipat setelah 2011.
Di Indonesia, dalam lima tahun terakhir pemakaian mobile bankingoleh nasabah perbankan meningkat signifikan dengan rata-rata peningkatan 135,3% per tahun. Pada tahun 2003 pengguna mobile banking baru sekitar 315 ribu orang, namun empat tahun kemudian (2007) sudah menjadi 8,2 juta orang. Dan pada 2008 diperkirakan meningkat hingga 50% menjadi sekitar 12,32 juta orang. 
Saat ini hampir seluruh bank yang ada di Indonesia sudah menerapkan Mbanking dalam bisnisnya. Menurut beberapa survey banyak orang yang lebih suka menggunakan mbanking ini karena memang praktis dan mudah menghemat waktu.
Sebelum adanya mbanking masyarakat lebih sering mendatangi kantor bank nya jika ingin melakukan transaksi. Tentu hal ini membuat nasabah menjadi mengantri lama , rugi waktu segalanya kurang praktis.
Fitur yang ditawarkan oleh mbanking sendiri ini biasanya meliputi transfer , cek rekenin , cek transaksi , laporan transaksi , pembayaran dll. Ini sangat membantu nasabah yang jauh dari kantor bank atau yang memang urgent transaksi
Manfaat mbanking bagi nasabah bank ini menghemat waktu , memberi kemudahan dalam bertransaksi dan memberi kenyamanan dalam transaksi antar nasabah tanpa harus mendatangi kantor bank nya dulu.


 Atribusi  CC BY ( Siapapun diperkenankan untuk mengubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan(derivasi), menyebarkannya secara luas, bahkan untuk keperluan komersial selama mencantumkan kredit atas ciptaan asli, yakni  dengan menyertakan referensi/sumber artikel link artikel ini.


Comments